Senin, 04 April 2016

#Hipnosis

"Pak saya ingin Bapak hipnotis orang agar suka sama saya", begitu inbox seorang teman yang mengetahui bahwa saya adalah seorang hipnoterapis. Sebelumnya pertama-tama saya perlu menjelaskan atau meng-clear-ken termin nya dulu. Hipnotis itu adalah orangnya, sedangkan ilmunya disebut dengan hipnosis, sama seperti pianis dan piano. Apa yang saya lakukan adalah hipnoterapi atau terapi yang memanfaatkan kondisi hipnosis. Jadi apa sebenarnya Hipnosis itu? Sebelum sampai kepada pengertian hipnosis, saya sampaikan dulu apa-apa saja yang bukan (miskonsepsi) mengenai hipnosis yang saya dapatkan dari pertanyaan teman-teman dan dari apa yang saya pelajari.
  1. Yang pertama adalah hipnosis bukan ilmu hitam. Membuat seseorang suka terhadap orang lain (klien) tanpa disadari orang tersebut itu namanya pelet, bukan hipnosis. Yang berikutnya, ada lagi yang tanya kepada saya, apakah hipnosis dapat membantunya untuk memiliki banyak uang. Apabila mengacu pada miskonsepsi yang pertama dan inginnya instan, maka itu namanya ngepet (babi ngepet :D) bukan hipnosis. Hipnosis dapat membantu seseorang mencapai mimpinya yang dibuat secara sadar berdasarkan peta sukses yang dibuatnya sendiri. Jadi dengan bantuan hipnosis, pikiran sadar dan pikiran bawah sadar seseorang dapat bekerjasama untuk mencapai impian seseorang dengan lebih cepat.
  2. Yang kedua adalah hipnosis merupakan bentuk penguasaan pikiran. Semua bentuk hipnosis sejatinya adalah hipnosis-diri (self-hypnosis). Sehingga yang memegang kendali sepenuhnya adalah Klien, bukan Terapis.
  3. Yang ketiga adalah hipnosis membuat seseorang menjadi tidak sadar. Sebaliknya, dalam kondisi hipnosis, seseorang justru berada dalam kondisi yang sadar sesadar-sadarnya. 
  4. Yang keempat, hipnosis sama dengan tidur. Dalam kondisi hipnosis, secara fisik memang seseorang terlihat seperti tertidur karena berada dalam kondisi relaksasi fisik dan pikiran yang mendalam. Bedanya, pada saat tidur, seseorang tidak dapat mendengarkan dan menyadari keadaan disekitarnya. Sedangkan pada saat seseorang berada dalam kondisi hipnosis, orang tersebut semakin peka dan sangat menyadari keadaan di sekitarnya.
  5. Yang kelima, hipnosis dapat mengubah kepribadian. Hipnosis tidak dapat mengubah kepribadian dasar seseorang seperti koleris, sanguin, melankolis dan plegmatis.
  6. Yang keenam, hipnosis mengakibatkan lupa ingatan. Pada saat seseorang mengalami hipnosis, justru yang dialami seseorang adalah hypermnesia atau kondisi dimana kemampuan mengingat seseorang meningkat sangat pesat bahkan menurut penelitian meningkat hingga 2000x lipat.
  7. Yang ketujuh atau yang terakhir, hipnosis adalah brain-washing. Saya seringkali mengatakan kepada klien yang mengalami miskonsepsi mengenai ini bahwa iya saya bisa brainwash (mencuci otak), menggunakan deterjen ^_^  Hipnosis bukan untuk cuci otak. Melainkan untuk menjernihkan pikiran kita.
grin emoticon


Jadi apa sebenarnya Hipnosis?

Dikutip dari laman www.adiwgunawan.com,
Definisi hipnosis menurut U.S. Dept. of Education, Human Services Division: "hypnosis is the by-pass of the critical factor of the conscious mind followed by the establishment of acceptable selective thinking" atau "hipnosis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran selektif (sugesti)."
Sedangkan definisi hipnosis menurut Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology : “Hypnosis is psychoneurophysiology science based scientifically on brainwave frequency and amplitude changes from beta state to delta state resulting in enhancing and increasing focus, magnified concentration, and receptivity towards any mental message given to the subconscious” (hipnosis adalah ilmu psikoneurofisiologis yang secara saintifik berdasarkan pada perubahan frekuensi dan amplitudo gelombang otak dari kondisi beta ke kondisi delta yang mengakibatkan meningkatnya fokus, konsentrasi, dan penerimaan terhadap pesan-pesan mental yang diberikan kepada pikiran bawah sadar).
Mengacu pada definisi di atas maka kondisi hipnosis sesungguhnya adalah kondisi kesadaran khusus (altered state of consciousness) di mana pikiran berada dalam kondisi yang sangat reseptif sehingga dapat dilakukan perubahan atau modifikasi berbagai program pikiran dengan cepat, mudah, dan bersifat permanen.

Salam,
Yoffy Jo CHt
____________
#Hipnoterapis
#SayaAWGI

Pin : 7A115619
Ph : 089655931718

Tidak ada komentar:

Posting Komentar